Senin, 19 April 2010

tanaman buah melon

Berkebun Buah Melon

Jumat, 8 Agustus 2008 Tinggalkan komentar Go to comments
Rate This
Quantcast

Berkebun melon merupakan salah satu usaha di bidang agribisnis, yang dapat ditekuni dan menjanjikan keuntungan. Buah melon banyak diminati dan dipasarkan melalui pasar tradisional, toko buah dan supermarket.

Salah satu lokasi kebun buah melon berada di daerah Ciruas, Serang, Banten, yang dikelola oleh Ulum.

Di lahan seluas 5 ribu meter inilah ditanami melon. Jenis melon yang ditanam adalah golden melon yang berwarna kuning dan rasa buahnya manis. Sebelum ditanam tanah diolah terlebih dahulu. selanjutnya diberi pupuk.

Bibit melon diperoleh dengan cara penyemaian. Biji ditanam di media khusus kemudian setelah berusia 12 hari tumbuh menjadi batang dengan dua daun sempurna. Bibit ini kemudian dipindahkan ke kebun dengan jarak tanam antar baris 100 centimeter dan jarak antar tanaman 50 centimeter.

Agar berkualitas bagus, buah melon yang masih berada di pohon digantung dengan tali.

Buah melon dapat dipanen sekitar 3 bulan setelah bibit disemai atau sekitar 75 hari setelah proses penyemaian. Proses pemanenan dilakukan dengan cara memotong tangkai buah.

Usaha perkebunan melon di Banten, belum banyak diminati petani, padahal kebutuhan buah melon di Banten cukup tinggi, sekitar 40 ton per bulan, dan baru dapat dipenuhi sekitar 10 ton per bulan..

Dari pengukuran yang dilakukan, kadar gula buah melon ini diatas ketentuan yang ditetapkan pasar. Kadar gulanya mencapai 14,5 persen, diatas kadar gula minimal yang ditetapkan toko buah dan supermarket sebesar 12 persen.

Berkebun melon merupakan usaha yang menjanjikan keuntungan. Hasil yang diperoleh diatas modal yang dikeluarkan. biaya pengolahan lahan dan pemeliharaan sekitar 3.500 rupiah per pohon, sedangkan harga buahnya sekitar 4000 rupiah per kilogram

Categories: agri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar